Membaca merupakan suatu proses komunikasi antara penulis dan pembaca. Dalam proses ini terdapat tiga elemen yang harus dipenuhi yaitu penulis (writer), karya tulis (piece of literature) dan pembaca (reader). Dalam proses ini perpustakaan bertindak sebagai perantara antara penulis dan pembaca.
Kebiasaan membaca adalah ketrampilan yang diperoleh setelah seseorang dilahirkan, bukan ketrampilan bawaan. Oleh karena itu kebiasaan membaca
©2004 Digitized by USU digital library 1
dapat dipupuk, dibina dan dikembangkan. Minat baca tanpa didukung oleh fasilitas untuk itu, tidak akan menjadi budaya baca.
Fungsi sosial dari kegiatan membaca sulit untuk didefinisikan tetapi aktivitas tersebut dapat dibedakan sebagai berikut: 1) achievement reading, yaitu sebagai upaya untuk memperoleh ketrampilan atau kualifikasi tertentu; 2) devotional reading, yaitu membaca sebagai suatu kegiatan yang berhubungan dengan ibadah; 3) culture reading; membaca sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan; dan 4) compensatory reading, membaca untuk kepuasan pribadi.
Di negara-negara berkembang, akivitas membaca pada umumnya adalah untuk memperoleh manfaat langsung. Untuk tujuan akademik, rnembaca adalah untuk memenuhi tuntutan kurikulum sekolah atau perguruan tinggi. Di luar institusi formal, masyarakat rnembaca untuk tujuan praktis langsung, yang biasanya berhubungan dengan perolehan ketrampilan atau kualifikasi tertentu. Sebaliknya bacaan yang bersifat imajinatif tidak banyak dibaca.
Membaca memiliki keuntungan khusus dibandingkan dengan penggunaan media lain. Bahan cetakan akan terus menjadi saluran yang paling penting untuk pendidikan dan kemajuan kebudayaan manusia. Keuntungan tersebut antara lain: 1) membaca adalah suatu aktivitas pribadi yahg dapat meningkatkan pengembangan individu; 2) suatu bahan bacaan dapat dibaca dan dibaca kembali hingga pesan yang dikandungnya dapat diserapi dan 3) bahan bacaan dapat dibawa kemana, saja, apakah pembaca sedang berada di eskalator atau suatu pulau pasir.
Kebiasaan membaca adalah ketrampilan yang diperoleh setelah seseorang dilahirkan, bukan ketrampilan bawaan. Oleh karena itu kebiasaan membaca
©2004 Digitized by USU digital library 1
dapat dipupuk, dibina dan dikembangkan. Minat baca tanpa didukung oleh fasilitas untuk itu, tidak akan menjadi budaya baca.
Fungsi sosial dari kegiatan membaca sulit untuk didefinisikan tetapi aktivitas tersebut dapat dibedakan sebagai berikut: 1) achievement reading, yaitu sebagai upaya untuk memperoleh ketrampilan atau kualifikasi tertentu; 2) devotional reading, yaitu membaca sebagai suatu kegiatan yang berhubungan dengan ibadah; 3) culture reading; membaca sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan; dan 4) compensatory reading, membaca untuk kepuasan pribadi.
Di negara-negara berkembang, akivitas membaca pada umumnya adalah untuk memperoleh manfaat langsung. Untuk tujuan akademik, rnembaca adalah untuk memenuhi tuntutan kurikulum sekolah atau perguruan tinggi. Di luar institusi formal, masyarakat rnembaca untuk tujuan praktis langsung, yang biasanya berhubungan dengan perolehan ketrampilan atau kualifikasi tertentu. Sebaliknya bacaan yang bersifat imajinatif tidak banyak dibaca.
Membaca memiliki keuntungan khusus dibandingkan dengan penggunaan media lain. Bahan cetakan akan terus menjadi saluran yang paling penting untuk pendidikan dan kemajuan kebudayaan manusia. Keuntungan tersebut antara lain: 1) membaca adalah suatu aktivitas pribadi yahg dapat meningkatkan pengembangan individu; 2) suatu bahan bacaan dapat dibaca dan dibaca kembali hingga pesan yang dikandungnya dapat diserapi dan 3) bahan bacaan dapat dibawa kemana, saja, apakah pembaca sedang berada di eskalator atau suatu pulau pasir.
0 komentar:
Posting Komentar